apa sih perbedaan yang mendasar dari bahasa Indonesia dan bahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional. Saya sendiri masih kesulitan dalam memahami tata bahasa yang satu ini, maklum bahasa ini senurut saya sungguh sulit dimengerti dan di aplikasi pad kegiatan sehari-hari saya. Tapi saya tidak ingin menyerah dalam mempelajari bahasa yang satu ini. Ketika saya sedang mem Browsing saya menemukan blog yang menarik dalam tata bahasa Inggri ini dan saya ingin men Share nya pada blogs saya ini.

Kadang kita terlalu melihat segala sesuatu ini di tempat yang sulit tapi dalam setiap masalah kita harus meneliti dan memahami apa yang harus kita perhatikan dalam mempelajari sesuatu. Disini saya sendiri ingin tahu apa perbedaan dari tata bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

perbedaan yang mendasar adalah perbedaan antara kata dan kalimat ini akan sengat terasa ketika kita harus membolak-balik kata dalam bahasa inggris. Kapan kita harus membaliknya (misal: yellow book, bukan book yellow). Dan kapan tidak boleh di balik (misal: I understand, bukan understand I).

perbedaan antara kata dan kalimat

Kata terdiri dari kata benda, kata sifat, kata kerja, kata gabung dan sebagainya.

Kata gabung adalah 2 atau lebih kata yang digabung namun tetap menjadi satu kesatuan arti. Misalnya “rumah baru” adalah kata gabung. Yang seperti ini dalam bahsa Inggris harus dibalik, karena struktur bahasa inggris berbeda, yaitu menganut sistem MD (Menerangkan Diterangkan), sehingga “rumah baru” dalama bahasa inggris adalah “new house”.

Sedangkan Kalimat, adalah gabungan dari beberapa kata yang paling tidak terdiri dari Subject, Predikat dan Object (S+P+O). Berbeda dengan kata gabung yang hanya mengandung 1 bagian saja. Berikut contoh kalimat:

I love You (Aku Mencintai kamu).

Subjectnya adalah I, Predikatnya adalah Love, dan Objectnya adalah You.

Nah, dalam bahasa inggris, kalau kata gabung tadi harus dibalik, sedangkan kalimat tidak boleh dibalik, dibalik nanti malah jadi salah!.

Jadi, kalau kita sudah mengerti perbedaan antara kata dan kalimat, maka kita tidak akan pernah bingung lagi mana yang harus dibalik dan mana yang tidak. Dengan demikian semakin mudah dan cepat kita mempelajari bahasa inggris ini bukan?

referensi:

http://bahasainggris.net/belajar/04-perbedaan-kata-dan-kalimat

Leave a Reply

