masalah sosial

masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Jika terjadi bentrokan antara unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat (Menurut Soerjono Soekanto).

Masalah sosial dapat dikategorikan menjadi 4 (empat) jenis faktor, yakni antara lain :
1. Faktor Ekonomi : Kemiskinan, pengangguran, dll.
2. Faktor Budaya : Perceraian, kenakalan remaja, dll.
3. Faktor Biologis : Penyakit menular, keracunan makanan, dsb.
4. Faktor Psikologis : penyakit syaraf, aliran sesat, dsb.

Factor – faktor ini saling mempengaruhi. Karena dampak- dampak yang di sebabkan sangat akan selalu mengikuti  factor – factor tersebut. Sebagai contoh : penyakit menular yang dialami seorang istri dapat berpengaruh pada perceraian dalam keluarganya (budaya), yang menyebabkan stress (psikologis).  pernikahan dan kelahiran,secara kasat mata kedua hal tersebut adalah hal yang lumrah terjadi dalam kehidupan manusia. tetapi dari pernikahan itu bisa saja tejadi KDRT, perceraian, dan sebagainya. atau karena kelahiran, muncul masalah-masalah sosial seperti kepadatan penduduk, kematian ibu dan anak, dsb.

Cara penanggulanginya adalah dengan  seperti penyuluhan, pendampingan dan usaha-usaha sosial dalam mencegah timbulnya masalah sosial. kalau sudah terjadi masalah, maka yang diperlukan adalah rehabilitasi sosial, seperti program suntik, pil, atau lainnya dalam KB.

contoh lainnya lagi adalah kemiskinan yang tidak dapat diatasi. Menurut saya kemiskinan dapat di tanggulangi dengan adanya bantuan dari orang-orang yang sudah mapan sehingga terjadinya keseimbangan sosial. Selain itu untuk pemberantasan kemiskinan ini kita membutuhkan pendidikan yang menyeluruh. Sehingga dengan adanya pendidikan masyarakat miskin dapat mengubah nasibnya dengan ilmu dan keahlian yang dimilikinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s