ayooo berkoperasi!!

Sudah kita ketahui koperasi adalah lembaga keuangan yang  berprinsip kekeluargaan. Meskipun banyak lembaga keuangan lain seperti bank, BPR,dan asuransi tapi koperasi memeliki kelebihan yang menguntungkan dari lembaga keuangan yang lain. Mekanisme kerja koperasi pertama-tama dengan mengumpulkan orang-orang sebagai anggota. Minimal anggota koperasi adalah 20 orang. Kedua, Para anggota tersebut akan mengadakan rapat anggota, untuk melakukan pemilihan pengurus koperasi ( ketua, sekertaris, dan bendahara ). Setelah itu, koperasi tersebut harus merencanakan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga koperasi itu. Lalu meminta perizinan dari Negara. Barulah bisa menjalankan koperasi dengan baik dan benar.

Permodalan koperasi

Modal koperasi dapat berasal dari koperasi itu sendiri dan dari pinjaman. Ayo, kita lihat sumber permodalan koperasi satu persatu yang dimulai dari modal sendiri.

  • Simpanan Pokok

Simpanan pokok adalah sejumlah uang yang wajib dibayarkan oleh anggota kepada koperasi pada saat masuk menjadi anggota. Simpanan pokok tidak dapat diambil kembali selama yang bersangkutan masih menjadi anggota koperasi. Simpanan pokok jumlahnya sama untuk setiap anggota. Simpanan ini dibayar sekali selama jadi menjadi anggota koperasi.

  • Simpanan Wajib

Simpanan wajib adalah jumlah simpanan tertentu yang harus dibayarkan oleh anggota kepada koperasi dalam waktu dan kesempatan tertentu, misalnya tiap bulan dengan jumlah simpanan yang sama untuk setiap bulannya. Simpanan wajib tidak dapat diambil kembali selama yang bersangkutan masih menjadi anggota koperasi

  • Dana Cadangan

Dana cadangan adalah sejumlah uang yang diperoleh dari penyisihan Sisa Hasil usaha, yang dimaksudkan untuk pemupukan modal sendiri, pembagian kepada anggota yang keluar dari keanggotaan koperasi, dan untuk menutup kerugian koperasi bila diperlukan.

  • Hibah

Hibah adalah sejumlah uang atau barang modal yang dapat dinilai dengan uang yang diterima dari pihak lain yang bersifat hibah/pemberian dan tidak mengikat.

  • Simpanan khusus/lain-lain misalnya:Simpanan sukarela (simpanan yang dapat diambil kapan saja), Simpanan Qurba, dan Deposito Berjangka

Sekarang ayo kita lihat sumber modal milik pinjaman milik koperasi berikut ini.

1.      Simpanan sukarela dari anggota.

2.      Pinjaman dari koperasi lain.

3.      Pinjaman dari bank dan lembaga keuangan lainnya.

4.      Penerbit obligasi dan surat utang lainnya.

5.      Sumber-sumber lain yang sah.

Perangkat organisasi

1.      Rapat Anggota

Rapat anggota merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi. Inilah yang menjadi cirri khas koperasi dimana setiap kerjanya mementingkan musyawarah. Rincian rapat anggota setiap satu tahun sekali:

a)      Anggaran dasar.

b)      Kebijakan umum di bidang organisasi manajemen dan usaha koperasi.

c)      Pemilihan,pengangkatan, serta pemberhentian pengurus danm pengawas.

d)     Rencana kerja, rencana anggaran pendapatan dan belanja, serta pengesahan laporan keuangan.

e)      Pengesahan penanggungjawaban pengurus.

f)       Pembagian sisa hasil usaha (SHU).

g)      Penggabungan,peleburan,pembagian, dan pembubaran koperasi.

2.      Pengurus

Susunan pengurus terdiri dari Ketua, Sekretaris, dan Bendahara yang dipilih dari rapat anggota sesuai dengan anggaran dasar koperasi.

3.      Pengawas

Pengawas sama seperti pengurus yang menjadi perangkat organisasi koperasi. Pengawas sipilih dari dan oleh anggota koperasi dalam rapat anggota. Oleh kerena itu, pengawas bertanggung jawab pada rapat anggota. Tugas pengwas adalah melakukan pemeriksaan terhadap tata kehidupan yang dijalankan oleh pengurus meliputi organisasi, kebijakan, dan usaha koperasi. Pengawas menyusun laporan tertulis tentang haisl pemeriksaannya yang akan dismpaikan pada rapat anggota.

SHU (sisa hasil usaha) adalah laba dari koperasi itu sendiri. Pembagian SHU bagi anggota koperasi dilakukan dengan 3 metode:

1.      Jasa modal adalah imbalan yang diberikan kepada setiap anggota atas simpanan yang ditamankannya dalam koperasi. Jumlah jasa modal terbatas pada tingkat bunga yang ditetapkan dalam rapat anggota.jasa modal dapat dihitung dengan cara.

SHU anggota=    (Simpanan anggota/Total simpanan)  *   jasa modal

2.      Jasa penjualan adalah imbalan yang diberikan kepafa setiap anggota atas penjualan yang dilakukannya melalui koperasi. Rumusnya:

SHU anggota=  (Penjualan anggota/Total penjualan)* jasa penjualan

3.       Jasa pembelian adalah imbalan yang diberikan kepada setiap anggota atas pembelian yang dilakukannya melalui koperasi. Rumusanya:

SHU anggota=  (Pembagian anggota/Total pembelian) * jasa total

referensi:

http://id.wikipedia.org/wiki/Koperasi

Sariono Endro, Subekti slamet,A.Usman burhanuddin,Alwi M.2007.Manusia dan perilaku Ekonomi Pelajaran Ekonomi untuk SMA/MA.jakarta: Ganeca.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s