Bab VII

Bab VII

HAK  KEKAYAAN INTELEKTUAL

Hak kekayaan intelektual merupakan harta kekayaan yang khususnya hukum benda (zekenrect) yang mempunyai objek benda inteletual, yaitu benda yang tidak berwujud yang bersifat immaterial maka pemilik hak atas kekayaan intelektual pada prinsipnya dapat berbuat apasaja sesuai yang dikehendakinya.

HAKI bertujuan mendorong timbulnya inovasi, pengalihan dan penyebaran teknologi dan diperolehnya manfaat bersama antar pengahasil dan penggunaan pengtahuan teknologi, menciptakan kesejahteraan social dan ekonomi serta kseimbangan antara hak dan kewajiban.

Prinsip-prinsip hak kekayaan intelektual

  1. Prinsip ekonomi : hak intelektual berasal dari kegiatan kreatif yang diekspresikan dalam bentuk yang akan memberikan keuntungan.
  2. Prinsip keadilan : menciptakan sebuah karya  yang membuahkan hasil dari kemampuan intelektual dalam berilmu pengetahuan, seni dan sastra yang akan mendapatkan perlindungan dalam pemiliknya .
  3. Prinsip kebudayaan : perkembangan ilmu pengetahuan, seni dan sastra untuk meningkatkan kehidupan manusia.
  4. Prisip social : hak yang diakui oleh hukum dan telah diberiakan kepada individu merupakan satu kesatuan, sehingga perklindungan diberiakan berdasarkan keseimbangan kepentingan individu dan masyarakat.

Klasifikasi hak kekayaan intelektual

Hak kekayaan industry ( industrial property rights)

Hak yang mengatur segala sesuatu tentang milik perindistrian, terutama perlindungan hukum. Meliputi paten, merek, varietas tanaman, rahasia dagang, desain industry dan desain tata letak sirkuit terpadu.

  1. a.      Hak cipta (copyrights)

Dasar hukum hak  kekayaan intelektual di Indonesia. Hak cipta adalah hak eksklusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya atau memberiakan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut perundang-undangan yang berlaku. Hak cipta terdiri dari:

  • hak ekonomi   : hak untuk mendaptkan manfaat ekonomi
  • hak moral         : hak yang melekat pada diri pencipta atau pelaku yang tidak dapat dihilangkan atau dihapus tanpa alasan apapun

fungsi dan sifat hak cipta

Hak cipta dianggap sebagai benda bergerak, sehingga hak cipta dapat dialihkan, baik seluruhnya atau sebagian karena pewarisan, hibah, wasiat, perjanjian tertulis atau sebabb-sebab lain ang dibenarkan oleh peraturan perundang-undangan.

Masa hak cipta

Dalam pasal 29 sampai dengan 34 Undang-Undang nomor 19 tahun 2002 tentang hak cipta diatur masa /jangka waktu untuk suatu ciptaan. Rata-rata jangka waktu hak cipta bekisar  50 tahun.

Pendaftaran ciptaan

Pendaftaran ciptaan diajukan oleh pecipta kepada Direktoral Jendral  Hak Cipta, paten, dan hak merek Departemen Kehakiman & HAM.

Pelanggaran terhadap hak cipta

Pelanggran haka cita diatur dalam pasal 72 dan pasal 73 undang-undang nomor 19 tahun 2002 tentang haka cipta, yang dapat dikenakan hukum pidana dan perampasan oleh Negara untuk  dimusnahkan .

  1. b.      Hak paten

Paten merupakan hak eklusif yang diberikan oleh Negara kepada investor atas hasil invensinya dibidang teknologi yang untuk selama waktu tertentu melaksankan sendiri invensinya atau memeberikan persetujuan kepada pihak lain untuk melaksanakan.

Jangka waktu paten

Pasal 8 undang-undang nomor 14 tahun 2001 tentang paten, [aten diberikan untuk jangka waktu selama 20 tahun, terhitung sejak tanggal penerimaan dan jangka waktu itu tidak dapat diperpanjang, sedangkan paten sederhana diberikan jangka waktu 10 tahun.

  1. c.       Hak merek

Hak atas Merek adalah hak ekslusif yang diberikan oleh Negara terhadap pemilik tanda yang berupa gambar,nama, kata, huruf-huruf, angka-angka, susunan warna, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang atau jasa.

Pendaftaran merek

Surat permohonan diajukan kepada Direktorat Jenderal Merek Departeman Kehakiman & HAM dan dalam setiap permohonan diberiakan sertifikat merek.

Jangka waktu

Merek terdaftar mendapat perlindungan hukum selama 10 tahun.

  1. d.      Perlindungan varietas tanaman

Perlindungan varietas tanaman (PVT) adalah perlindungan khusus yang diberikan  oleh Negara terhadap varietas tanaman yang dihasilkan oleh pemulia tanaman melalui kegiatan pemulia tanaman.

Varietas tanaman yang dapat diberi perlindungan

Varietas tanaman yang dapata perlindungan adalah dari jenis atau spesies tanaman yanag baru, unik, seragam, stabil, dan diberi nama.

Jangka waktu tenatang varietas tanaman dihitung sejak tanggal pemberian  hak PVT meliputi 20 tahun untuk tanaman semusim dan 25 tahun untuk tanaman tahunan.

  1. e.       Rahasia dagang

Rahasia dagang adalah informasi yang tidak diketahui oleh umum dibidang teknologi dan/atau bisnis yang mempunyai nilai ekonomi karena berguna dalam kegiatan usaha dan dijaga kerahasiaannya oleh pemilik pemegang rahasia dagang. Rahasia dagang meliputi rumus, pola-pola, kompilasi, program, metoda teknik tau proses yang menghasilkan nilai ekonomi secara mandiri, nyata, dan potensial.

Objek yang dilindungi,  meliputi

  1. Semua informasi yang telah menjadi milik umum
  2. Informasi yang telah dipublikasikan dimuka umum

Jangka waktu perlindungan

Rahasia dagang dilindungi selain tidak terbatas jangka waktunya ukurannya adalah sampai dengan informasi menjadi milik public.

Desain industry

Desain industry adalah suatu kreasi tentang bentuk konfigurasi, komposisi garis atau warna atau gabungan daripada ketiganyayanag dipakai untuk menghasilkan suatu produk, barang, komoditas industry atau kerajinan tangan.

Jangka waktu perlindungan diberikan 10 tahun sejak tanggal penerimaan dan tercatat dalam daftar umum desain industry.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s