Hidupku Keajaibanku

Dari kecil saya bercita-cita ingin menjadi guru. Apalagi mengajar anak SD kelas 1. Karena saya berpikir bahwa bisa mengajarkan baca,tulis dan hitung adalah ilmu dasar yang sangat berguna bagi mereka kelak nanti. Tapi cita-cita itu hanya menjadi kenangan saja. Ketika saya lulus SMA saya tidak lolos dalam ujian SMPTN. Saya ingin kuliah du UNJ. Tapi saya pun tidak ingin menggantungkan cita-cita saya hanya dengan embel-embel universitas. Saya pun masuk ke jurusan akuntansi di Gunadarma. Dan mempunyai cita-cita baru. Saya ingin menjadi seorang akuntan. Yang bisa membantu menejer dalam mengambil keputusan disuatu perusahaan. Menurut saya sekarang ini akuntan sudah banyak dibutuhkan.

Oh iya, saya belum memperkenalkan diri. Nama saya Ira Mayetri zalmi. Jangan tanya apa arti dibalik nama saya. Karena saya juga tidak tahu. Pernah saya bertanya pada ibu saya apa arti dari nama saya. Beliau berkata nama panjang saya diambil dari May: bulan saya lahir, Yetri: nama ibu saya, AsriZal: nama ayah saya dan iMi adalah nama bibi saya yang membantu persalinan ibu saya saat melahirkan saya. Saya memang lahir di padang.  Saya lahir 20 tahun silam tepatnya 29 mei 1991. Pada saat saya berusia 14 hari orang tua saya pindah ke bandung. Sehingga saya dibesarkan dibandung.

Orang tua saya asli orang padang. Tapi saya sudah 6 tahun ini saya tidak pulang kampung. Saya adalah anak pertama dari 4 bersaudara. Dan saya adalah anak perempuan satu-satunya. Nama adik pertama saya Ari Mayendra zalman dia kelas 3 smp, adik kedua saya bernama Arif Julian Rahman dia kelas 3 SD dan adik saya yang paling bungsu bernama Muhammad Rafi Fajri dia masih berusia 3 tahun.

Pendidikan saya banyak dilakukan di bandung seperti TK Pasundan Istri, SDN Durman, SMPN 6 Bandung, SMA YWKA meski hanya kelas satu saja saya sekolah disini. Karena saat saya kelas 2 saya pindah ke Jakarta dan bersekolah di SMA Kemala Bhayangkari. Kadang- kadang ada rasa kangen untuk kembali ke bandung. Saya pindah ke Jakarta karena orang tua saya pindah usaha nasi padangnya. Dulu di bandung orang tua saya punya usaha nasi padang, tapi bangkrut. Terus kami pun pindah ke Jakarta mencoba mengais rejeki disini.

Pengalaman buruk yang pernah saya alami adalah ketika saya baru menjadi mahasiswa. Saat itu saya  berangkat kuliah pagi. Seperti biasa saya naik bis Deborah yang jurusannya lebak bulus – depok. Kalau pagi bis ini selalu penuh. Sangat sial nasib saya, saya tidak mendapatkan tempat duduk  sehingga saya harus berdiri dipojok kursi belakang. Saya mengambil tempat ini karena dekat jendela sehingga jika bersesak-sesak penuh saya msih bisa bernafas lega di dekat jendela ini. Saya diapit oleh bapa-bapa yang membawa tas besar. Saya tidak curiga sedikitpun bahwa sebenarnya dia adalah copet. Saat bi situ berjalan bapa- bapa it terus-terusan  menghimpit saya. Saya tahu kondisi dalam bis ini sangat penuh, jadi saya tidak hirau kan dia. Tapi disinilah copet itu beraksi. Dia merobek tas saya dan mengambil tas handphone saya. Di dalam tas handphone saya terdapat 2 hp, 1 flashdisk dan uang saku saya. Saya tidak menayadari itu. Saya tahu saat sampai ke kampus. Saat saya menaruh tas saya lihat kok tas saya robek dan saya pun melihat isi tas saya. Ternyata hp saya hilang. Sedih rasanya dan agak merasa bodoh mengapa bisa mengalami kejadian seperti ini. Hingga saat ini saya masih naik bis ini. Ada rasa trauma sedikit jika saya tidak dapat tempat duduk di bis ini saya selalu mencari tempat yang aman dan selalu memperhatikan orang-orang yang ada dalam bis ini dan saya juga jadi lebih berwaspada.

Pengalaman terbaik saya saat saya pertama kalinya mendapat pekerjaan honorer di sebuah bimbel. Dimana saya menjadi guru les. Itu adalah hal yang baru bagi saya. Meski banyak kekurangan yang saya berikan pada murid-murid saya pada saat itu. Tapi saya sudah memberikan yang terbaik bagi mereka. Senang rasanya jika apa yang saya ajarkan membuat mereka mengerti dan bisa mengerjakan soal yang saya berikan.

Pengalaman yang berkesan adalah waktu saya kecil kelas 4 SD saya tertabrak motor sehingga tangan saya patah. Itu karena saya membolos mengaji. Saat itu ketika mau ngaji saya dipanggil oleh teman-teman saya untuk ikutan main benteng-bentengan permainan yang membutuhkan kaehlian lari yang cepat . karena saya juga ingin main ya sudah saya pun ikutan bermain. Hingga terjadilah kecelakaan itu. Saya bermain di jalan raya, saya sedang mengejar lawan saya tanpa meliahat kanan kiri saya langsung berlari dan motor yang kencang itu pun dating menabrak saya. BRAKKK..tangan patah,kaki luka-luka. Teman-teman saya pun kabur dan beberapa ada yang melaporkan ke ibu saya . akhirnya saya dimarahi ibu dan saya hanya bisa meringis menahan kesakitan. Coba waktu itu saya pergi mengaji saja mungkin tangan saya tidak patah dan mendapatkan ilmu pastinya (hehehe).

Ada kata-kata bijak yang menjadi inspirsi saya ini dia:

Hanya ada dua cara untuk menjalani hidup Anda. Yang pertama dengan menganggap tak ada satu pun keajaiban di dalam hidup Anda. Atau yang kedua, dengan menganggap segala hal dalam hidup Anda adalah keajaiban.

There are only two ways to live your life. One is as through nothing is a miracle. The other is as if everything is.

– Albert Einstein

Dengan kata lain syukuri apa yang kita miliki. Dan terus berusaha menggapai apa yang kita cita-citakan. Karena itu hargai apapun yang kita miliki karena itu adalah nikmat yang diberikan oleh Allah. Semua yang terjadi dari pengalaman baik,buruk,susah,mudah itu adalah jalan yang harus kita hadapi agar manjadi manusia yang berkualitas.

One thought on “Hidupku Keajaibanku

  1. Semua pengalaman adalah ihwal dari kita memperoleh pengetahuan..begitu kata Popper dalam buku Filsafatnya. Oleh karena itu, apabila kita mau berbagi pengalaman-meskipun pahit dan berat untuk diceritakan- itu artinya kita sebenarnya sudah berbagi pengetahuan kepada orang lain. Pengalaman pahit yang dibagikan memunyai efek sugestif supaya orang lain bisa berhati-hati dan tidak mendapatkan pengalaman yang sama. Terima kasih sudah mau berbagi…

Leave a Reply

