Kepanikan Krisis Yunani yang Mengguncang Para Investor Dunia

http://www.inilah.com/read/detail/1642882/kepanikan-efek-krisis-yunani

Dari informasi yang ada di alamat email diatas dapat disimpulkan bahwa  terjadinya krisis ekonomi di Yunani membuat perekonomian di Eropa bahkan di seluruh dunia mendapatkan dampaknya. Seperti yang dilansirkan oleh artikel tersebut bahwa Sejauh ini default atas utang Yunani dikhawatirkan bisa memicu masalah perekonomian di kawasan Eropa”.

Dampak dari krisis yunani pun membuat orang-orang berspekulan bahwa ” Krisis Yunani dikhawatirkan akan menimbulkan efek domino yang bisa mengguncang sistem keuangan global seperti krisis 2008”. Jika krisis 2008 itu terjadi kembali di tahun ini maka keadaan perekonomian dunia semakin tidak terkendali lagi.

Akibat dari adanya krisis Yunani ini adalah “menimbulkan kekhawatiran untuk mata uang euro. Default utang Yunani ataupun negara euro lainnya akan memengaruhi ekonomi dunia yang juga bisa mengganggu sektor perbankan dan memicu kepanikan investor”. Latar belakang dari krisis yunani ini dikarenakan oleh hutang negara Yunani yang begitu besar yaitu mencapai 330 miliar euro.

Krisis Yunani ini berpengaruh pada saham atau investasi yang ada di Eropa. Dampak yang mencolok terjadi di Italia yaitu “peringkat kredit Italia yang kini di level “Aa2” sedang dalam pengawasan dan kemungkinan bisa diturunkan di tengah tingginya risiko dan upaya pengurangan utang pemerintah. Pengawasan terhadap peringkat kredit Italia dilakukan dalam waktu 90 hari”.

Dengan demikian para investor Italia akan merugi dengan adanya penurunan peringkat ini dan akan semakin enggan untuk kembali berinvestasi besar lagi. Jika itu terjadi maka Italia pun akan terjadi krisis pula. Tidak seperti halnya Indonesia, krisis yunani ini tidak berdampak besar bagi negara ini bahkan negara ini bisa mengatasi krisis Yunani ini dengan tidak menambah hutang sehingga beban anggaran negara dalam jangka panjang akan terus berkurang. Selain pasar obligasi, Indonesia juga relatif aman dari krisis Yunani dan krisis global.
Salah satu penyebabnya adalah karena Indonesia dinilai mampu membangun pondasi ekonomi yang kuat. Ini menjadi prestasi bagi pemerintah dan tim ekonomi yang ada, karena dari beberapa krisis, seperti krisis pangan, minyak dan ekonomi global, Indonesia selalu bisa bertahan.

One thought on “Kepanikan Krisis Yunani yang Mengguncang Para Investor Dunia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s