BAIK DAN BURUK PENGARUH IKLAN DI LAYAR KACA

Apakah anda jenuh ketika sedang menonton dengan asiknya terpotong oleh iklan yang cukup lama?. Iklan dilayar kaca tersebut sangat mempengaruhi pendapatan dari stasiun televisi tersebut. Dan dari iklan ini pun “si pembuat” iklan dapat mempromosikan barang jualannya agar dapat dilihat oleh para penonton yang ada di seluruh negara bahkan dunia. Sehingga “si pembuat iklan” akan membuat iklan akan membuat iklan semenarik mungkin hingga para penonton terbius atau penasaran dengan produk yang mereka iklankan.

Dampak baik yang dapat diterima dari iklan adalah saat iklan itu memberikan nasehat yang baik atau memberikan informasi kepada penontonnya. Seperti contoh iklan pasta gigi dimana dalam iklan tersebut menyatakan kita harus menyikat gigi dua kali sehari. Itu sangat membawa dampak positif bagi para penontonnya apalagi untuk anak kecil. Selain itu tak jarang pula iklan suatu produk diselingi oleh tampilan keindahan negara-nagara, sehingga dengan kata lain iklan tersebut selain bisa mempromosikan produknya bisa juga mempromosikan negara kita. Sungguh iklan bisa mempengaruhi pikiran kita dan juga bisa menjadi hiburan tersendiri juga. Karena tak jarang juga iklan menampilkan tampilan-tampilan jenaka.

Selain dampak baik yang kita dapatkan ternyata dampak buruk pun bisa kita dapatkan dari iklan ini. Contohnya iklan rokok yang begitu marak di televisi. Tidak bisa kita pungkiri bahwa iklan rokok ini memiliki dampak buruk, terutama pada anak dibawah umur. Dengan maraknya iklan rokok yang di tonton oleh anak kecil ini akan memberikan rasa keingintahuan untuk mencobanya. Sehingga saat ini di Indonesia sebagian besar siswa SMP pernah mencoba rokok. Sungguh miris, disaat masa pertumbuhannya itu mereka sudah meracuni paru-parunya dengan rokok.

Sungguh layar kaca adalah media yang sangat berpengaruh dalam hal memberikan informasi dan ilmu. Tapi jika kita tidak bisa memilah-milah ilmu atau informasi tersebut dengan baik atau tidak memberikan perhatian khusus pada anak-anak yang sedang menonton maka dampak buruk dari iklan akan terwujud.

Oleh karena itu dampingilah anak-anak saat menonton tv.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s