Analisis SWOT Untuk Ira Mayetri Zalmi

Namanya

Ira Mayetri Zalmi, yang sering dipanggil Ira. Dia anak pertama dari empat bersaudara. Ayah dan Ibunya asli dari daerah minang, sehingga mereka sekeluarga merantau untuk mencari rejeki di kota orang. Kedua orang tua dia bermata pencaharian sebagai pedagang. Mereka menjajakan makanan yang bercita rasa masakan padang. Dari penghasilan inilah mereka bisa menyekolah Ira dan adik-adiknya. Dilihat dari sisi pendidikan orang tua ira yang hanya lulusan SMA ini adalah suatu pencapaian  yang luar biasa untuk bisa menyekolahkan anaknya di jenjang Strata Satu  yaitu sarjana Ekonomi.

Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats). Dimana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities)yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.

Maka, jika Ira Mayetri Zalmi dianalisis dengan SWOT :

Strengths (kekuatan) dalam hal ini bisa menjadi kelebihan. Kelebihan Ira Mayetri Zalmi adalah rajin. Mengapa saya bilang begitu karena Ira Mayetri Zalmi tidaklah pandai dalam segi pelajaran maupun pekerjaan tapi salah satu faktor yang membuat ia berhasil ketingkat 4EB01.Ia pun selalu berusaha keras agar ia bisa membuktikan bahwa ia memang pantas dan bisa melakukan apa yang telah ditugaskan olehnya. Terbiasa akan diberikannya tanggung jawab sehingga ia bisa mengemban tugas yang sudah diamanahi  kepadanya. Selain itu, Ia juga humoris sehingga kawan-kawannya  merasa nyaman dan senang bersamanya.

Weaknesses (kelemahan), manusia tidak ada yang sempurna bukan. Begitupun Ira Mayetri Zalmi, kelemahan yang ia miliki cukup banyak dan ia sangat mengetahui itu. Seperti mudah tersinggung, terlalu banyak omong, tidak pintar dalam memilih kata dan situasi yang ada, ceroboh, tidak tepat waktu, kadangkala ia sedikit egois dalam memnerikan keputusan dan masih banyak lagi. Kelemahan-kelemahan ini menjadi bumerang bagi ira. Banyak permasalahan yang terjadi karena kelemahan ini. Oleh karena, perubahan dan intropeksi diri harus dilakukan demi menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Oppoturnities (kesempatan), kesempatan atau dalam kata lain adalah peluang. Dilihat dari kelebihan Ira Mayetri Zalmi, ia memiliki peluang untuk menjadi yang terbaik. Seperti saat ia tidak diterima menjadi asisten laboratorium ia mengambil kesempatan di bagian monitoring mahasiswa dan sekarang ia menjabat sebagai pengawas di monitoring mahasiswa tersebut. Ini adalah peluang yang ada dari kegagalan yang terjadi. Selain itu, peluang menjadi wirausaha juga sedang terbuka karena selain kuliah ia juga mencoba berjualan kerudung dengan temannya dan juga membantu ibunya di rumah makan yang ada di depan rumahnya.

Threats (ancaman), banyak ancaman yang bisa terjadi. Seperti usaha yang seang dijalankan oleh ira yaitu jualan kerudung. Jualan kerudung yang dilakukan oleh ira ini tidak berdasarkan pesanan tapi mereka langsung membeli kerudung itu ditempat konveksi sehingga barang yang dijual oleh mereka kadang kala tidak diminati oleh konsumen dan juga tidak bisa ditukar kembali kepada konveksi tersebut. Selain dari usaha, ancaman yang dapat terjadi dan mempengaruhi kepribadian ira sendiri pun ada. Contohnya karena tidak ingin mengecewakan orang lain kadang kalanya ia dimanfaatkan oleh orang lain. Lingkungan pen bisa menjadi ancaman, mengapa. Karena lingkungan adalah faktor lain dari pengaruhnya ke kepribadian. Jika kita ada di lingkungan baik kita secara otomatis dia akan menyesuaikan dengan lingkungan tersebut, begitupun sebaliknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s